perkembangan
teknologi perkantoran
Kemajuan jaman
yang kian lama kian berkembang menjadikan teknologi di
dunia menjadi lebih praktis dan efisien, berbagai macam teknologi canggih dan modern banyak
bermunculan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan, kelangsungan dan peningkatan
mutu kehidupan manusia. Teknologi dapat dimanfaatkan oleh semua orang termasuk
instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta. Seperti dalam bidang
perkantoran, perkembangan teknologi di bidang perkantoran juga
mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan zaman di era modern ini. Yang
mana dari perkembangan teknologi perkantoran tersebut terdapat dampak positif dan negatif
bagi para pekerja maupun pegawai kantor. Adapun dampak positif dari perkembangan
teknologi perkantoran itu sendiri yaitu :
1. Dilihat
dari aspek ketenagakerjaan
a.
Menigkatkan mutu tenaga
kerja
b.
Menigkatkan kegairahan
dan kedisiplinan kerja
c.
Menigkatkan penghasilan
bagi tenaga kerja
d.
Meringankan tenaga dan
pikiran pegawai
2. Dilihat
dari aspek prosedur kerja
a.
Mempercepat
penyelesaian kerja
b.
Menyederhanakan
prosedur kerja atau memperpendek mata rantai penyelesaian kerja
c.
Memperlancar pekerjaan
d.
Mempermudah
penyelesaian pekerjaan
3. Dilihat
dari aspek hasil kerja
a.
Meningkatkan mutu hasil
pekerjaan kantor
b.
Mempertinggi jumlah hasil
pekerjaan
c.
Memenuhi standar mutu
tertentu
d.
Memperoleh keseragaman
bentuk, ukuran dan jenis hasil pekerjaan kantor.
Jadi,
dapat disimpulkan bahwa teknologi perkantoran dapat mempermudah penyelesaian
kerja dan dapat meningkatkan mutu hasil kerja kantor.
Selain
itu dimana ada dampak positif disitu pasti ada kelemahan begitu halnya dengan
teknologi perkantoran. Dampak negatif perkembangan teknologi perkantoran pada
umumnya menyangkut ketenagakerjaan dan penambahan biaya yaitu seperti berikut :
a. Mengurangi
penggunaan tenaga kerja dan berakibat menambah pengangguran
b. Kesulitan
untuk mencari tenaga kerja yang memiliki tingkat keterampilan tertentu
c. Menimbulkan
rasa ketergantungan kepada mesin yang akan menimbulkann pemborosan
d. Dapat
menimbulkan suara gaduh/bising sehngga menggangu pegawai lainnya
e. Penggunaan
mesin tertentu dapat memerlukan sarana penunjang lainnya yang memerlukan biaya.
Referensi
Edwar,
Muhammad. 2010. Teknologi Perkantoran .
Surabaya: Unesa University Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar